TIPS dan TRIK Memilih Pekerja Rumah Tangga PRT /Baby Sitter

Tidak sedikit para Bunda mengeluh betapa susahnya mencari Pekerja Rumah Tangga (PRT)/ Baby Sitter. Untuk mendapatkannya, ibu rumah tangga sampai harus pusing bertanya sana sini.Selain susah, kehati-hatian sangat diperlakukan saat mempekerjakan Pekerja Rumah Tangga (PRT) /Baby Sitter di rumah. Jangan sampai orang yang kita pilih punya latar belakang buruk yang ujung-ujungnya menimbulkan masalah baru atau dapat menjadi bom waktu bagi kita .di tengah tingginya kebutuhan pada Pekerja Rumah Tangga (PRT) /Baby Sitter, sejumlah pengusaha berlomba-lomba membuat usaha lembaga penyalur. Meski setiap yayasan memberikan jaminan, banyak juga yang ragu mengambil jasa Pekerja Rumah Tangga (PRT)/Baby Sitter dari lembaga penyalur. Lalu mana sebenarnya yang paling baik, mengambil Pekerja Rumah Tangga (PRT )/Baby Sitter lewat yayasan atau cara sendiri?

Menurut Beberapa sumber Merekrut Pekerja Rumah Tangga (PRT)/Baby Sitter melalui Kerabat atau Tetangga Kampung adalah referensi terbaik dikarenakan kita dapat ,melihat dan menilai secara langsung bacground keluarga, dan identitas tempat tinggal yang meyakinkan, sehingga kita akan mendapatkan rasa aman pada saat ingin Hire Tenaga Kerja dimaksud.

Namun Apa boleh buat Belakangan ini banyak sekali para bunda mengeluhkan susahnya mencari secara langsung tenaga kerja rumah tangga yang dimaksud sehingga banyak bunda yang menggunakan jasa Penyalur/Agen, tidak sedikit juga bunda yang melaiui Calo Yaitu pembawa Perorangan yang tidak memiliki ijin Usaha Di bidang Penyaluran Tenaga kerja, hal ini masih beresiko Tinggi buat para bunda .

 

1.       Melalui Keluarga, Kerabat, Teman Dan Tetangga

Dengan memperkerjakan seseorang yang dikenal dengan cukup baik atau dengan kata lain direkomendasikan oleh keluarga, kerabat, teman dan tetangga biasanya akan membuat kita tidak terlalu khawatir bahwa orang tersebut nantinya akan melakukan tindak kriminal. Hal ini dikarenakan kita dapat mengetahui dengan jelas tentang keluarga dan asalnya. Lebih baik lagi jika ada saudara ataupun teman yang sudah pernah menggunakan jasa pembantu rumah tangga tersebut.

2.       Mempunyai Identitas Yang Lengkap

Pastikan orang yang akan bekerja pada Anda mempunyai identitas lengkap seperti KTP yang asli dan alamatnya juga  jelas, sehingga dapat dihubungi jika terjadi sesuatu serta memiliki no darurat saudara atau keluarga nya.

3.       Melalui Agen Atau Yayasan Penyalur

Yayasan penyalur tenaga kerja yang bagus biasanya memiliki catatan referensi para calon ART/Baby Sitter yang berada di bawah naungannya. Ada pula yayasan yang bahkan membekali para calon Pekerja Rumah Tangga (PRT )/Baby Sitter-nya dengan keterampilan tertentu. Meski begitu, Bunda juga perlu selektif memilih Yayasan Penyalur. Tak jarang ada juga Bunda yang tertipu dengan yayasan ’nakal’ yang berusaha mencari laba dari biaya administrasi saat kita mengambil ART dari sana, tanpa membekali keterampilan apapun pada calon Pekerja Rumah Tangga (PRT )/Bbay Sitter-nya. Itu sebabnya, beberapa Bunda merasa lebih nyaman mencari Pekerja Rumah Tangga (PRT )/Baby Sitter lewat referensi teman atau saudara.

Apabila Anda memutuskan untuk mengambil pembantu dari agen atau yayasan penyalur pembantu rumah tangga, pilih agen atau yayasan yang sudah terkenal dan dapat bekerja dengan profesional. Lihat riwayat atau pengalaman kerjanya, Anda dapat memilih calon Pekerja Rumah Tangga (PRT)/Baby Sitter yang mempunyai banyak pengalaman kerja serta mengeceknya pada keluarga yang sebelumnya pernah memperkerjakan dia. Lihat juga apakah calon Pekerja Rumah Tangga (PRT)/Baby Sitter tersebut mempunyai latar belakang kriminal ataupun kejadian masa lalunya yang tidak baik, dan jangan pernah Bosan untuk mencari petunjuk ke Mbah Google riwayat penyalur tersebut, Perlu Bunda Ketahui belakangan ini banyak Penyalur/Agent yang berganti nama untuk Merehabilitasi nama nya secara sepihak, padahal pengurus ataupun ownernya adalah pelaku yang sama.

4.       Gunakan Feeling

Meskipun terkadang meleset, tapi bayak juga yang benar dengan feelingnya. Percaya dengan apa yang Anda rasakan ketika bertemu dengan calon PRT untuk pertama kalinya.

5.       Usia Pekerja Rumah Tangga  PRT/Baby Sitter

Usia pembantu rumah tangga juga patut dipertimbangkan. Sebaiknya jangan memperkerjakan seorang pembantu yang terlalu muda, apalagi masih di bawah umur, ini terkait dengan pengalamannya, biasanya pembantu yang masih muda usianya kurang berpengalaman.

6.       Lakukan Interview

Temui calon pembantu Anda terlebih dahulu dan kemudian lakukan interview layaknya sedang menyeleksi calon karyawan. Jika diperlukan buatlah daftar pertanyaan yang masih berkaitan dengan pekerjaannya, dengan begitu kita bisa melihat kualitas yang dimilikinya dan juga kepribadiannya dengan lebih mendalam.

7.       Job Deskripsi

Jelaskan dengan detail job deskripsi Anda pada mereka, agar mereka bisa mengetahui dan memahami tugas yang harus dikerjakan nantinya. Jangan sampai mereka nantinya bingung karena tidak tahu apa tugas yang harus dikerjakan dan bisa menjadi kesepakatan, apakah hanya masak dan mengurus rumah atau juga sebagai pengasuh anak.

8.         Kom  Kompensasi

Hal ini juga sangat penting mengingat tugas serta tanggung jawab yang dibebankan pada pembantu, tentu semuanya harus sejalan dengan pemberian kompensasi ataupun pemenuhan atas hak-haknya. Hal ini mencakup tentang kapan mereka dapat mengambil waktu cuti, kapan waktu mereka mendapat libur, tunjangan hari raya serta berapa besaran gaji pokoknya. Jika kita benar-benar memperhatikan tentang kompensasi ini dengan baik, Pekerja Rumah Tangga (PRT )/Baby Sitteryang bekerja pada kita juga akan merasa bekerja dengan baik dan merasa tenang karena merasa diperhatikan hak-haknya.

“Carilah Yayasan yang menerapakan proses Rekrutmen / Screening Calon Tenaga Kerjanya Baik ,serta menggunakan Metode Alat Test Psikologi seperti di CV. Dewi Putri Amanah

Itulah TIPS dan Trik cerdas memilih pembantu rumah tangga. Setidaknya beberapa faktor tersebut di atas dapat menjadi acuan dan juga pertimbangan dalam menentukan pilihan memilih seorang Pekerja Rumah Tangga (PRT)/Baby Sitter yang dapat dipercaya menjaga rumah serta buah hati anda.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel TIPS dan TRIK dari kami Jangan Lupa Like dan Share website kami di www.cariprt-babysitter.com dan Follow IG kami di @dewi.putri8819 untuk mendapatkan Tips dan Trik Terbaru Lainnya

 

0 Komentar